Pertanyaan Alkitabiah dari Ezra


P: Siapa yang menulis buku ini?

J: Ezra adalah seorang ahli menulis kitab yang terpelajar, dan dia mungkin menulis buku antara 456 SM dan 444 SM. Namun, buku Ezra sebenarnya tidak mengatakannya. Gaya Tawarikh dan Ezra mirip, jadi mungkin Ezra adalah orang yang menulis keduanya.

P: Dalam Ezra, apa naskah-naskah yang kita miliki terpelihara pada masa sekarang dari periode ini?

J: Selain Alkitab, ada sejumlah tulisan Yunani dan lainnya, namun jawaban ini hanya dialamatkan kepada arkeolog fisik tulisan yang telah benar-benar menemukan naskah-naskah yang diawetkan pada masa sekarang ini. Berikut adalah beberapa dari mereka dari 850 SM sampai sekitar 400 SM.
Batu Moab. (850 SM)
Pada Beir Allah
di Lembah Yordan, sebuah tulisan praktek anak sekolah menyebutkan Bileam bin Beor tiga kali. Menurut penelitian radiokarbon menunjukkan waktu ke 800/760 SM.
Teks Salmaneser III
(836 SM) di Asyur. Menyebutkan Media dan orang Tubal.
Teks Sargon
(732 SM) di Asyur. Menyebutkan orang-orang Tubal.
Sargon II teks
(722-705 SM)
Tulisan Asyur Kata-Kata dari Ahiqar (700-400 SM tulisan Aram, dan mungkin tulisan Akkadia).
Banyak catatan Asyur lain
Banyak catatan Babelonia lainnya
Batu Peringatan Persia Behistun
Salinan batu Behistun di dalam Bahasa Aram.
Pulau Elephantine
di Mesir selatan
Kolom Babelonia salinan dari batuan Behistun
Silinder Cyrus (tahun 438 SM)
Dalam papirus Elephantine (Cowley # 21)
, Darius memerintahkan orang-orang Yahudi di sana untuk mengamati hari raya Roti Tidak Beragi.
Papirus Elephantine Cowley # 30 (407 SM) Surat didikte oleh Yedaniah untuk Bagohi, gubernur Yudha meminta bantuan dalam membangun kembali kuil "YHW" di Elephantine. Surat ini menyebutkan bani [sn'blt] Sanbalat, yang disebut gubernur Samaria. Surat ini tanggal oleh penulis sebagai 25 November 407 SM. Orang Mesir dan Gubernur Persia Vidranga menghancurkan kuil di Elephantine pada tahun 419 SM.
Papirus Samaria dari Wadi ed-Daliyeh (
WDSP 11 depan 13) menyebutkan Sanbalat [sn'blt].
Ostraca di Pulau Elephantine.
Dokumen-dokumen perbankan Murashu dalam Nippur
. Teks-teks ini memiliki nama 2.500 orang, 70 di antaranya adalah nama orang Yahudi.
Papirus Samaria.
Sebuah memorandum oleh Bagoas
, gubernur Persia di wilayah Yehuda.
Lebih dari 30 tablet di Susa, dan 1 tablet
Borsippa
menyebutkan hingga empat pejabat Persia yang bernama "Marduku" atau "Marduka."
Prasasti dua balai
di gua-gua 11 mil barat Amman, Yordania menyebutkan "Tobia" di dalam bahasa Aram. (Dari 590 SM sampai akhir 200 SM).

P: Dalam Ezra, apa yang menjadi garis besar buku ini?

J: Berikut ini adalah suatu garis besar tingkat tinggi.
1-6 Kembali dari pembuangan dan membangun kembali Bait Tuhan.
.. 1-2 Kembali dari pembuangan di bawah Zerubabel (538 SM).
... .1 Keputusan Cyrus dan persiapan.
... .2 The gulungan dari 50K orang-orang yang kembali dari pembuangan.
.. 3-6 Membangun kembali Bait Suci
... .3 Membangun dasar mezbah dan Bait Tuhan.
... .4 Oposisi di bawah Cyrus, Ahasyweros, dan Artahsasta
... 5 Oposisi lebih jauh di bawah Darius
... 6 Penyelesaian Bait Tuhan di bawah Darius
7-10 Kembali dari pembuangan dan membangun kembali masyarakat.
.. 7-8 Kembali dari pembuangan bawah Ezra (458 SM).
... .7 Keputusan Artahsasta I
... .8 Daftar yang kembali dari pembuangan 4-5K dan perjalanan mereka
.. 9-10 Membangun kembali masyarakat
. ... 9 Pernikahan campuran dan doa Ezra.
... 10 Pengakuan masyarakat dan perjanjian.

P: Dalam Ezra 1:1, mengapa ini disebut tahun pertama Cyrus, raja Persia, karena ia telah menjadi raja sebelum penaklukan Babelonia?

J: Cyrus menjadi raja Anshan pada tahun 559 SM dan raja orang Madai sebagaimana Persia pada tahun 550 SM. Namun, ini merupakan tahun pertama pemerintahannya atas Kerajaan luas Babel dan Persia ini. William H. Shea mempelajari lebih dari 400 tempat-tempat di mana Cyrus diberi gelar, dan di dalam 90 persen dari kasus-kasus dia disebut Sang Silinder Cyrus yang dipanggil Cyrus, "Raja Babel, Raja daratan.í "Raja Dunia, Raja Besar , Raja yang sah, Raja Babel, Raja Sumeria dan Akkad, Raja Empat Penjuru (dari Bumi). "Shea juga menemukan bahwa Cyrus pertama kali disebut" Raja atas Daratan" pada awal 538 SM, namun ia tidak disebut "Raja Babel, Raja atas Daratan" sampai akhir 538 SM Dia pikir alasannya adalah bahwa gubernur, Gubaru, menyandang gelar Raja Babel, sampai kematiannya pada tahun itu.
Sama seperti seorang bangsawan yang menjadi raja memasukkan daftar tahun pertama sebagai raja dirinya, tidak ketika menjadi duke, tahun pertama Cyrus dihitung dari waktu ia menjadi Kaisar Kekaisaran. "Kekaisaran" termasuk Babel sebagai salah satu ibu kota.

P: Dalam Ezra 1:1, bisakah 70 tahun mengacu pada kurun waktu Kekaisaran Babelonia, atau Bait Tuhan?

J: Hal ini mengacu pada lamanya waktu Yehuda melayani Babel. Pertama mari kita lihat tepat apa yang Alkitab klaim, dan kemudian apa yang sejarah tegaskan.
Yeremia 25:11-12; 29:10,16 klaim:
1) Negara Yehuda akan menjadi gurun, dan mereka akan melayani Babel selama tujuh puluh tahun
2) Setelah 70 tahun, Babelonia akan dihukum (Yeremia 25:12).
3) Yeremia 29:10 menambahkan bahwa setelah 70 tahun, orang buangan akan kembali.
4) Yeremia 29:16 menambahkan bahwa tidak semua orang akan pergi ke pengasingan
Meskipun tidak mengatakan bahwa Yerusalem akan hancur total, orang bisa mengartikannya demikian. Namun, tidak menentukan berapa lama Yerusalem dihancurkan. Nubuat ini adalah melayani Babel, bukan kehancuran Yerusalem, yang dinubuatkan akan terjadi selama 70 tahun.
Secara historis, Yehuda melayani Babel dari 605 SM untuk 538 SM. Ini adalah tentang 68 tahun kita.
Namun, nubuatan yang diberikan dalam istilah keagamaan, tahun lunar (perhitungan tahun berdasarkan bulan), yang adalah 360 hari.
Beberapa orang berspekulasi bahwa mungkin nubuat mengacu pada saat Bait Tuhan dihancurkan, karena Bait Tuhan dihancurkan di dalam 587/586 SM dan tidak dibangun kembali sampai 516 SM, yaitu tepat 70 tahun 365 hari. Sementara nubuat ini 70 tahun, hal ini adalah suatu kebetulan.

P: Dalam Ezra 1:1, apakah pengasingan sebenarnya hanya selama 49 tahun, dari 587/586-538 SM?

J: Banyak orang yang dibuang pada tahun 605 SM untuk 70 tahun penuh. Hal yang menyulitkan ini adalah kenyataan bahwa orang lain diasingkan hanya 49 tahun. Apapun, nubuat itu adalah untuk Yehuda yang melayani Babel selama 70 tahun.

P: Dalam Ezra 1:1-4, mengapa raja Persia memutuskan untuk membantu orang-orang Yahudi di sini?

J: Alasan utamanya adalah bahwa Tuhan menggerakkan Cyrus untuk melakukan hal ini. Juga, tidak hanya raja Persia yang mengizinkan orang Yahudi untuk kembali, tapi arkeolog Rassam menggali apa yang disebut "The Cyrus Cylinder (Silinder Cyrus)", di mana Cyrus mencatat para tawanan Babelnya dan mengeluarkan keputusan bahwa bangsa-bangsa lain bisa pulang ke tanah mereka juga. Tidak ada bukti bahwa Cyrus percaya pada Tuhan yang benar, melainkan dia menggunakan nama Yang Kudus ketika berbicara tentang orang Yahudi sebagaimana ia menggunakan nama dewa lain dalam berbicara tentang bangsa-bangsa lain.
The Cyrus Cylinder
berkata di dalam bagian: "Semoga semua dewa yang saya telah pindahkan kembali menetap di kota-kota suci mereka sehari-hari meminta Bel dan Nebo untuk kehidupan yang lama bagi saya." (Bel dan Nebo adalah dewa Babel.)

P: Dalam Ezra 1:1-4 apa lagi yang Silinder Cyrus katakan?

J: Kritikus Alkitab abad kesembilan belas Julius Wellhausen dan banyak lainnya meragukan pernah ada keputusan bagi orang Yahudi untuk pulang. Namun, Silinder Cyrus yang ditemukan oleh Rassam pada tahun 1879, pada halaman yang sama memiliki foto itu. The Cyrus Cylinder terutama adalah alat propaganda oleh Cyrus untuk menunjukkan kepada orang Babel bahwa ia adalah teman mereka, dan tidak hanya penakluk yang akan menentang. Cyrus menyebut dirinya "Raja Dunia, Raja Besar, Raja yang sah, Raja Babel, Raja Sumeria dan Akkad, Raja Empat Penjuru [Bumi] (hal.89). Ia juga mengatakan, "Ketika saya, baik dijual, masuk Babel, saya mengatur letak kursi kekuasaan di istana kerajaan di tengah sorak kegirangan dan sukacita. Marduk sang dewa besar menyebabkan penduduk Babel berbesar-hati ke ... saya. Aku berusaha setiap hari untuk menyembah dia. Banyak tentara saya pindahkan dengan tidak terganggu di tengah-tengah Babel. Aku tidak mengizinkan untuk meneror tanah [Sumeria] dan Akkad. Aku terus dalam melihat kebutuhan Babel dan semua tempat-tempat suci untuk meningkatkan kesejahteraan mereka "(hal.87) Hal ini juga mengklaim bahwa Cyrus memasuki kota. "tanpa peperangan atau pertempuran ". Hal ini benar, sebagaimana Cyrus memasuki kota 17 hari setelah Persia melakukan serangan mendadak dan merebut kota.
The Cyrus Cylinder juga mengatakan tentang orang-orang yang diasingkan, "Saya (juga) mengumpulkan bekas penduduk mereka dan mengembalikan (kepada mereka) tempat tinggal mereka." (hal.91).
The Cyrus Cylinder dibuat th. 536 SM.

P: Dalam Ezra 1:8, apakah nama-nama orang-orang Yahudi memiliki arti?

J: Mithredath berarti "yang diberikan oleh Mithra". Mithra adalah dewa utama Persia di sisi yang baik.
Sesbazar adalah nama non-Ibrani yang bermakna tidak pasti. Asimov berspekulasi bahwa mungkin itu adalah nama lain untuk Shenazar, dan Shenazar adalah anak keempat dari Yekhonya (1 Tawarikh 3:18) mantan raja Yehuda. Itu akan masuk akal bahwa Sesbazar disebut pangeran dari Yehuda.
Beberapa orang mengatakan bahwa Shezbazzar adalah nama lain untuk Zerubabel. Namun, tidak masuk akal untuk memiliki dua nama non-Ibrani. Shezbazzar mungkin nama lain untuk Sealtiel, yang tampaknya meninggal tak lama setelah peletakan pondasi.
Simak
Baca secara fonetik

P: Dalam Ezra 1:9-10, mengapa total yang disebutkan oleh artikel tersebut, 2.499, tidak sama dengan jumlah barang emas dan perak, 5.400 di 1:11?

J: Daftar ini hanya terdiri dari panci piring(?), mangkuk, dan barang utama lainnya. Total lengkapnya, mungkin termasuk beberapa barang pecah, termasuk hal-hal yang tidak terdaftar. Perbedaan di dalam jumlah terlalu besar untuk hanya merupakan kesalahan ketik.

P: Dalam Ezra 2, apakah orang-orang Yahudi hidup makmur di bawah Persia?

J: Ya. Selain Alkitab kita memiliki bukti ekstra-Alkitab bahwa kehidupan mereka cukup baik.
Ada berbagai tablet tanah liat mengenai bankir kaya di Nippur yang disebut "Murashu and Sons" yang meminjamkan uang. Teks mereka memiliki nama 2.500 orang, dan 70 nama yang tertera adalah nama Yahudi. Juga, orang Yahudi ditemukan di 28 dari 200 permukiman di sekitar Nippur.
Ada sebuah garnisun militer Yahudi di dekat Aswan di Mesir selatan, dan mereka membangun kui /sinagoga untuk "Yaho"
Banyak orang Yahudi tinggal di Pulau Elephantine di Mesir selatan, menurut papirus Aram dan Otraca yang menyebutkan hari Sabat dan Paskah. Dalam Papirus Cowley # 21, Darius II memerintahkan koloni Yahudi di Pulau Elephantine untuk mengamati hari raya Roti Tidak Beragi.

P: Dalam Ezra 2, apa yang diperkirakan populasi orang Israel sebelum masa pengasingan mereka?

J: Pada abad kedelapan diperkirakan ada 500.000 sampai 700.000 orang Israel di kerajaan utara dan 220.000 sampai 300.000 orang Israel di Yehuda.

P: Dalam Ezra 2, karena sebuah perkiraan 1,5 sampai 3 juta orang Israel dan Yahudi yang tersebar di Kekaisaran Persia, mengapa hanya 49.000 lebih orang yang kembali ke Yerusalem?

J: Sementara beberapa mungkin telah diperbudak dan tak punya pilihan, sebagian besar tidak taat dan tidak ingin kembali. Bangsa Israel dibuang lebih dari 200 tahun sebelumnya, dan hampir semua dari mereka berasimilasi dan kehilangan identitas nasional mereka. Sejak beberapa orang Yahudi menyumbangkan barang-barang untuk membantu mereka dalam melakukan perjalanan, tanpa pergi sendiri, ini menunjukkan bahwa mereka cukup kaya dan merasa berada di rumah, dan mungkin tidak ingin meninggalkan tempat di mana mereka makmur untuk pergi ke tanah yang lebih miskin.
Tentu saja merupakan hal yang murah hati bahwa mereka menyumbangkan uang bagi mereka yang kembali ke rumah. Namun, Tuhan tidak menginginkan sumbangan mereka; Tuhan ingin mereka pulang ke mereka rumah sendiri.

P: Dalam Ezra 2, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi orang untuk melakukan perjalanan dari Babel ke Yerusalem?

J: Ini akan memakan waktu sekitar empat bulan. Namun, Ezra tidak menyebutkan hal ini karena yang ditekankan adalah membangun kembali, bukan pada kesulitan untuk kembali.

P: Dalam Ezra 2:1-70, apa perbedaan di dalam angka dengan Neh 7:7-72?

J: Berikut adalah dua daftar dan perbedaan. Pertanyaan berikutnya membahas alasan untuk perbedaan tersebut.
Marga/Bani Ezra Nehemia Perbedaan
Paros 2.172 2.172 0
Sefaca 372 372 0
Arah 775 652 -123
Pahat-Moab 2.812 2.818 2 sampai 8
Elam 1.254 1.254 0
Zatu 945 845 9 sampai 8
Zakai 760 760 0
Binnui/Bani 642 648 2 sampai 6
Bebai 623 628 3 sampai 8
Azgad 1.222 2.322 +1,100
Adonikam 666 667 6 sampai 7
Bigwai 2.056 2.067 56 sampai 67
Adin 454 655 4x4 sampai 6x5
Ater 98 98 0
Hasum 223 328 +105
Bezai 323 324 3 sampai 4
Hariph/Hasum 112 112 (sama)
Gibeon / Gibar 95 95 -
Betlehem and Netofa 123+56 188 tambahan+7
Anatot 128 128 0
Asmawet 42 42 0
Kiryat-Arim, Kefira dan Beerot 743 743 0
Rama dan Gaba 621 621 0
Mikhmas 122 122 0
Betel dan Ai 223 123 2 sampai 1
Nebo yang lain 52 52 0
Magbis 156 - Tidak dicantumkan
Elam yang lain 1.254 1.254 0
Harim 320 320 0
Lod, Hadid dan Ono 725 721 5 sampai 1
Yerikho 345 345 (sama)
Senaa 3.630 3.930 6 sampai 9
Yedaya 973 973 0
Imer 1.052 1.052 0
Pasyhur 1.247 1.247 0
Harim 1.017 1.017 0
Yesua 74 74 0
Asaf 128 148 2 sampai 4
Penunggu pintu gerbang: 139 138 9 sampai 8
Para budak di Bait Tuhan 392 392 0
Asal yang tidak terbukti (Delaya, Tobia, Nekoda) 652 642 5 to 4
Jumlah 42.360 42.360 0
Para budak 7.337 7.337 0

Kelompok Ezra Nehemiah Perbedaan
Para Penyanyi 200 245 +45
Kuda 736 736 0
Bagal 245 245 0
Onta 435 435 0
Keledai 6.720 6.720 0
Dirham 61,000 1,000+20,000+20,000 -20,000
Kemeja 100 530+67 +497
Mina 5,000 2,200+2,000 -600

(Ada juga 50 mangkuk di dalam Nehemia)

Buku apokrif dari 1 Esdras juga mencantumkan kembali. Buku ini mencatat 25.947 orang Israel (dibandingkan dengan 24.144menurut Ezra dan 25.406 menurut Nehemia), 5.288 imam (vs 4289 menurut Ezra dan Nehemia), 341 orang Lewi, penyanyi, penunggu pintu gerbang dibandingkan dengan 341 menurut Ezra, 372 para Budak Bait Tuhan vs 392 menurut Ezra dan Nehemia, dan 652 orang asal tidak terbukti (Delaya, Tobia, Nekoda), vs 652 menurut Ezra.
Jumlah orang yang jauh lebih besar daripada yang tercantum, sehingga daftar tidak lengkap. Sebagai contoh, Ezra memiliki keluarga Magbish, dan Nehemia tidak. Jumlah mungkin juga mencakup suku-suku utara dan perempuan dan anak.
Dari 50 nomor yang umum jumlah secara total ada 22 perbedaan. Ada 12 perbedaan yang satu angka, dan Nehemia memiliki jumlah yang lebih besar di dalam 7 dari mereka. Ada 10 perbedaan yang multi-angka, dan Nehemia memiliki jumlah yang lebih besar di dalam 7 dari mereka. Untuk kontrasnya, mari kita lihat Ibrani vs SeptuagintaYunani: untuk Ezra ada 2 perbedaan (keduanya satu angka), dan Nehemia 10 perbedaan (5 diantaranya adalah satu angka).

P: Dalam Ezra 2:1-70 dan Neh 7:7-72, seberapa akurat ahli-ahli Taurat kuno mengirimkan daftar-daftar angka-angka?

J: Ada dua contoh yang baik untuk perbandingan di dalam dokumen-dokumen kuno.
Tentara Frada:
Prasasti Batuan Behistun Persia mengatakan tentara Frada mengalami 55.243 tentara meninggal dan 6.572 tentara ditahanan di dalam tahanan Babel. Sebuah terjemahan bahasa Aram ditemukan di Pulau Elephantine di Mesir mengatakan jumlah tahanan adalah 6972, beda satu angka dari Prasasti Bebatuan Behistun. Dalam salinan duplikat tahanan Babel yang ditemukan di Babel, jumlah tahanan adalah 6.973, satu angka beda dari terjemahan Bahasa Aram.
Tentara pemberontak Frawartish
: Prasasti Batuan Behistun Persia mengatakan 2.045 tentara tewas dan 1.558 tentara ditahan yang diambil di dalam tentara pemberontak dari Frawartish. Salinan Aram memiliki lebih dari 1.575 sebagai angka dari jumlah tahanan.

P: Dalam Ezra 2:1-70, mengapa jumlah orang yang kembali berbeda dengan Neh 7:7-72?

J: Mungkin ini karena kombinasi dari sejumlah alasan.
Kesalahan penyalinan yang sederhana
: Di dalam naskah-naskah sekarang, ada terdapat beberapa kesalahan penyalinan. Banyak kesalahan penyalinan akan berubah atau menghilangkan sebuah angka. Dalam Ibrani vs Septuaginta ada 2 perbedaan di dalam Ezra (keduanya satu-angka) dan 10 perbedaan di dalam Nehemia (5 adalah satu-angka). Dengan demikian orang akan berharap kesalahan penyalinan yang sederhana untuk menjelaskan sekitar 2 sampai 5, atau mungkin sampai 10 dari 22 perbedaan. Sejak jumlah di dalam Nehemia adalah lebih besar 7 dari 12 perbedaan satu-angka, tidak ada secara statistik kecenderungan yang signifikan satu yang lebih besar.
Perubahan cara angka ditulis
: Cara Ibrani menulis angka berubah tentang waktu ini. Dahulu orang Ibrani yang digunakan "huruf bulat" lama, dan berubah menjadi huruf "persegi." Hal ini akan lebih menyebabkan kesalahan di dalam penyalinan. Orang Moab berbicara dialek Ibrani dan masih menggunakan huruf bulat tua di abad kesembilan SM. Abjad Ibrani saat ini sedikit berbeda dari Batu Moab. Ada dua kecenderungan, yang diselesaikan selama pada masa Persia
1) pembukaan kepala surat Bet, daleth, dan resh. Dan sudut menjadi lebih bulat dan ligature dikembangkan. Hal ini mungkin diharapkan untuk menjelaskan secara lebih mengenai kesalahan.
Daftar Cipher
: Perbedaan mungkin disebabkan karena menggunakan "daftar cipher", di mana suatu gaya vertikal mewakili "1" dan gaya horizontal mewakili "10", dan ini akan mengakibatkan kesalahan penyalinan yang lebih besar.
Daftar dibuat pada waktu yang berbeda
: Dari 10 perbedaan yang multi-angka, Nehemia lebih besar di dalam 7 dari mereka. Di satu sisi, perbedaan mungkin tidak karena lebih banyak orang-orang buangan yang kembali, karena jumlah total sama persis. Di sisi lain, atau orang-orang yang kembali, lebih banyak orang mungkin telah ditemukan di marga-marga dan desa-desa yang terdaftar. Ezra 2:1 mengatakan ini adalah daftar yang terbuat dari mereka yang pergi ke Babel, tampaknya sebelum mereka tiba di Yerusalem. Mungkin ada beberapa keputusan pada menit terakhir untuk bergabung dengan suatu marga atau desa.
Daftar yang berbeda
: Bagaimana daftar ini terjadi? Ini tidak berarti bahwa Tuhan mendikte angka ini untuk juru tulis, melainkan pada dua atau lebih orang yang menghitung dan membuat daftar ini. Mereka mungkin awalnya merupakan daftar yang terpisah karena: Ezra memisahkan orang-orang Betlehem dan Netofa sementara Nehemia menggabungkan mereka. Magbish tidak ada di dalam Nehemia. Mereka menukar urutan Lod dll dan Yerikho. Nehemia membagi angka lebih dibandingkan dengan Ezra.
Daftar Nehemia adalah salinan
. Perhatikan dengan seksama bahwa Nehemia 7:5 tidak mengatakan ini adalah jumlah yang benar secara persis orang yang kembali. Sebaliknya, Nehemia hanya mengatakan ia menemukan sebuah daftar, dan ini adalah apa yang dikatakan oleh daftar. Daftar ini mungkin tidak benar, tetapi Nehemia benar berkaitan apa yang dikatakan oleh daftar. Lihat pertanyaan berikutnya untuk implikasi dari ini.

P: Dalam Ezra 2:1-70 dan Neh 7:7-72, bagaimana hal ini berhubungan dengan ketidakmungkinsalahan?

J: Beberapa kritik dari ketidakmungkinsalahan yang melihat perbedaan-perbedaan diantara daftar ini sebagai salah satu tantangan yang paling serius terhadap ketidakmungkinsalahan dari Alkitab. Sebenarnya tidak ada hal seperti itu. Pertama suatu "herring merah" yang merupakan jawaban yang salah, merupakan jawaban Kristen yang umum, dan akhirnya jawaban yang paling mungkin.
Jawaban yang Salah
: Kedua daftar sudah benar, tetapi daftar berbeda karena mereka dibuat pada waktu yang sedikit berbeda. Pada saat daftar kemudian dikompilasi, sedikit orang lagi telah datang, sebagian telah meninggalkan, dan memberikan persembahan sehingga jumlahnya berbeda.
Namun
, jumlah orang tambahan yang datang dan orang-orang yang meninggalkan harus sama persis, karena total keseluruhan adalah identik. Ini akan menjadi sangat tidak mungkin jika kedua daftar benar-benar tepat tetapi pada waktu yang berbeda.
Jawaban yang Umum
: Meskipun kita tidak memiliki naskah asli, ketidakmungkinsalahan [menurut kata orang] berarti dua daftar harus identik dalam naskah asli. Namun, kombinasi dari kesalahan penyalinan sederhana, dan perubahan dalam alfabet pada sekitar waktu itu, yang menghasilkan lebih banyak kesalahan penyalinan, bertanggung jawab atas perbedaan dalam jumlah yang seharusnya sama di antara dua daftar. (tidak ada yang menghalangi satu daftar dari memiliki rincian daftar lainnya yang tidak memiliki.)
Namun
, perbedaan 22 dari 50 angka adalah suatu perbedaan yang besar, bahkan dengan penulisan di dalam perbedaan waktu yang terjadi pada waktu itu.
Kemungkinan Jawaban yang paling Mungkin
: Nehemia menyalin daftar tanpa kesalahan yang tersedia baginya (dan daftar itu telah ada kesalahan). Itu cukup akurat untuk memberikan menggambarkan dari berapa banyak orang yang kembali, tapi kualifikasi Nehemia mengingatkan kita bahwa daftar ini tidak dijamin akan tanpa kesalahan. Hal ini analog dengan rekaman Alkitab tanpa kesalahan mengenai kesalahan orang Farisi itu, keadaan Yefta yang terburu-buru, dan kebodohan Abraham, yang tanpa secara eksplisit memberitahu kepada kita apakah atau yang tidak kita harus percaya dan lakukan jugamengenai hal-hal yang tercatat di dalam Alkitab.
Mengapa Alkitab tidak memberitahu kepada kita angka secara tepat dari setiap orang di dalam waktu Nehemia? Mungkin karena tidak penting. 1 Timotius 1:4 dan Titus 2:9 memberitahu kita kita tidak untuk mengabdikan diri untuk silsilah yang tak ada habisnya.

P: Dalam Ezra 2:1-70 dan Neh 7:7-72, manakah daftar yang lebih benar?

J: Ketika kita tidak bisa memastikan, Ezra mungkin lebih tepat karena alasan berikut:
1. Buku yang kebenarannya diragukan 1 Esdras juga mencantumkan kembali, dan itu lebih dekat dengan Ezra. Salah satu perbedaan antara Ibrani dan versi Septuaginta di dalam Nehemia akan membuat dua angka Nehemia setuju dengan Ezra. Dengan demikian, setidaknya para penerjemah Septuaginta pikir Ezra lebih benar.
2. Nehemia sendiri mengatakan ini adalah daftar yang ia temukan, tanpa mengatakan segala sesuatu di dalamnya itu benar. Namun, ada kesalahan penulisan individu di dalam keduanya. Berikut adalah analisis dari beberapa perbedaan secara individual, dengan jumlah di dalam Ezra diberikan yang pertama.
200 vs 245 penyanyi
(Nehemia 7:68). Banyak yang berpikir bahwa salinan kami dari Ezra benar di sini, karena penulis mungkin telah sengaja mengambil nomor 245 Nehemia 7:67. Kemudian ia mungkin telah menghilangkan Nehemia 7:68.
61.000 dirham vs sejumlah 41.000
. Beberapa orang berpikir 61.000 dalam Ezra adalah salah ketik dan seharusnya 41.000.

P: Dalam Ezra 2:69, betapa banyak kekayaan ini?

J: 61.000 dirham emas akan menjadi sekitar 1.000 pon (500 kilogram), dan 5.000 mina perak akan menjadi sekitar 3 ton (2,9 metrik ton) sesuai dengan catatan kaki di dalam NIV.

P: Dalam Ezra 3:1-12, bagaimana kebangkitan ini berbeda dari kebangkitan Yosia dalam 2 Taw 34?

J: Dalam kebangkitan Yosia, orang-orang masih dalam ketidaktaatan hanya sebelum kebangkitan, mereka harus menemukan salinan Hukum, dan mereka berada di bawah ancaman besar pada waktu itu (Asyur). Ini adalah kebangkitan mengenai pertobatan di bawah ancaman hukuman.
Di dalam kebangkitan Ezra
mereka sudah bertobat dari penyembahan berhala, mereka telah membaca hukum, dan mereka ada di sana untuk membangun Bait Tuhan dan kota. Ini adalah kebangkitan mengenai dedikasi dan bangunan.
Ringkasnya
, kebangkitan pertama adalah kembali berbalik dari kejahatan, dan kebangkitan Ezra adalah bergerak maju untuk membangun. Ada tempat yang tepat untuk kedua jenis kebangunan rohani.

P: Dalam Ezra 3:8, mengapa orang Lewi yang berumur 20 tahun dan lebih tua ditunjuk untuk pelayanan, sejak Bil 4:3,47 dan 1 Taw 23:3, 24, 27 hanya menampilkan orang-orang Lewi yang berumur 30 tahun dan yang lebih tua bisa melayani, dan Bil 8: 24 mengatakan bahwa hanya orang Lewi yang berumur 25 tahun dan yang lebih tua bisa bekerja di dalam Kemah Pertemuan?

J: Ezra 2:40 dan Neh 7:43 keduanya mengatakan bahwa hanya 74 orang Lewi yang kembali. Mereka mungkin merasa bahwa mereka harus menggunakan orang Lewi yang lebih muda karena ada terdapat begitu sedikit jumlahnya.
Simak
Baca secara fonetik

P: Dalam Ezra 3:10 dan Hag 1:15, apakah pembangunan terjadi pada 520 SM sementara Darius I memerintah, atau melakukannya mulai di bawah Cyrus I sekitar 537 SM sebagaimana Ezra 3:8-13 katakan?

J: Keduanya benar. Dimulai pada tahun 537 SM di bawah Cyrus I, dihentikan karena oposisi selama 16 tahun, dan kembali dimulai di bawah Darius I 520 SM. Pembangunan selesai pada 516 SM.

P: Dalam Ezra 4, apa kronologinya?

J: Berikut ini adalah kronologi berbagai bagian dari Ezra 4. Perhatikan bahwa Xerxes dan Artahsasta I adalah orang yang berbeda.
Ezra 4:1-5 (559-530 SM)
Ezra 4:6 Xerxes (480-465 SM)
Ezra 4:7-23 Artahsasta I (465-12/424 SM)
Ezra 4:24 Darius I (533-486 SM)

P: Dalam Ezra 4:2, apakah orang-orang Samaria tulus dalam menawarkan untuk membantu orang-orang Yahudi?

J: Mereka mungkin tidak tulus. Orang Samaria memaksa berhenti pembangunan kembali, untuk Gunung Gerazim di Samaria yang adalah suatu "pesaing" sebagai pusat ibadah.

P: Dalam Ezra 4:3, mengapa orang-orang Yahudi menolak bantuan dari pihak luar?

J: Jika Anda membutuhkan makanan atau kebutuhan, bantuan dari non-percaya umumnya baik-baik saja. Tapi jika Anda melakukan sesuatu untuk pekerjaan Tuhan, lebih baik untuk memiliki relawan orang yang beriman daripada orang yang tidak beriman. 3 Yohanes 7 (where is 3 John 7? I Canít find this in Bible) juga menyebutkan tidak menerima bantuan dari orang-orang penyembah berhala.

P: Dalam Ezra 4:8-6:18 dan Ezra 7:12-26, mengapa ini ditulis di dalam Bahasa Aram?

J: Tidak ada yang mengatakan bahwa Ezra atau sekretarisnya harus menulis di dalam bahasa yang sama. Mungkin sekretaris-sekretaris yang berbeda menuliskan bagian yang berbeda. Juga, Daniel 2:4b-7: 28 juga ditulis di dalam Bahasa Aram, serta Yeremia 10:11.
Surat orang Samaria untuk raja di dalam Bahasa Aram, dan dengan demikian masuk akal untuk kutipan surat dalam Bahasa Aram.

P: Dalam Ezra 4:9, siapakah yang merupakan orang-orang Erekh?s

J: Dulu mengira mereka adalah Daoi dari Herodotus dan Dahae dari Pliny dan Virgil. Orang-orang ini hidup di timur Laut Kaspia. Namun, sekarang pikiran orang Ibrani bukan nama orang, tapi kata di-hu yang berarti "yang". Kemudian Ezra 4:9 berbunyi "Susan, yakni orang-orang Elam."

P: Dalam Ezra 4:13, berapa banyak pajak yang dikumpulkan oleh raja-raja Persia?

J: Di seluruh kekaisaran, raja Persia mengumpulkan menurut suatu perkiraan 25.000.000-35.000.000 dolar AS per tahun. Palestina adalah bagian dari satrapi kelima, yang menurut buku Herodotus 3 bab 89-97 hanya dinilai 350 talenta perak, atau US $ 680.000 tempat lain harus juga memberikan kontribusi di dalam bentuk non-moneter, dan mereka sering melebihi kontribusi moneter . Palestina tidak perlu membuat kontribusi dalam bentuk, sehingga Persia mengenakan pajak daerah Palestina agak lebih ringan.

P: Dalam Ezra 4:15,19, bagaimana seharusnya orang percaya bereaksi ketika mereka secara salah dituduh menghasut dan huru-hara?

J: menghasut berarti pengkhianatan terhadap pemerintah, dan huru-hara berarti pemberontakan. Dengan asumsi mereka sebenarnya tidak berkhianat, orang beriman harus menyangkal tuduhan. Namun, jangan biarkan penolakan Anda begitu buruk diutarakan bahwa itu menambah kecurigaan terhadap tuduhan itu. Sebagai tindakan yang sangat kasar, mungkin penolakan itu harus sepanjang sebagaimana tuduhan itu.
P: Dalam Ezra 4:23, apakah membangun kembali Bait Tuhan berhenti karena tentara asing, atau ketidakpedulian rakyat sebagaimana Hag 1:2 katakan?

J: Suatu pasukan tentara mungkin menyebabkan penghentian sementara, tapi setelah berhenti, ketidakpedulian orang-orang secara terus-menerus untuk memulai, bahkan setelah hal itu bisa untuk dilakukan di dalam 522 SM.

P: Dalam Ezra 5:1, apakah nabi-nabi yang sama yang menulis buku-buku dari Alkitab?

J: Ya, Hagai dan Zakharia adalah sama.

P: Dalam Ezra 5:1 dan 6:14; adalah Zakharia anak laki-laki Ido, atau anak Berekhya, anak laki-laki Ido, di dalam Za 1:1?

J: Zakharia bin Berekhya dan cucu Ido. Dalam bahasa Semit kata untuk "anak laki-laki" dapat berarti keturunan.

P: Dalam Ezra 5:16, apa arti nama "Zerubabel"?

J: Hal ini dapat berarti "anak Babel."

P: Dalam Ezra 6:1, mengapa Persia mencari arsip di Babel, karena Susa adalah ibukota dari Persia?

J: Kekaisaran Persia memiliki empat ibukota: Susa (atau benteng Susan), Persepolis, Ekbatana, dan Babel. Ezra 6:2 adalah satu-satunya referensi di dalam Alkitab untuk Ekbatana.

P: Dalam Ezra 6:8, mengapa seorang raja Persia membayar sejumlah besar uang untuk membangun kembali Bait Suci orang Yahudi di Yerusalem?

J: Sering kali raja-raja membangun kuil-kuil, yang juga melayani tujuan secara "praktis" untuk membuat subyek menjadi setia. Cyrus juga memperbaiki kuil di Uruk, kuil Enunmakh di Ur. dan kuil-kuil di Babel. Para arkeolog telah menemukan sebuah memorandum tentang Kuil Yahudi yang ditulis oleh Bagoas, Gubernur Persia Yehuda dan Delaya. Dikatakan, "untuk membangun di situsnya seperti sebelumnya, dan makan-persembahan dan kemenyan akan dibuat di atas mezbah seperti yang dulu dilakukan."

P: Dalam Ezra 7:6, bisakah Ezra telah tiba baik pada tahun 458 SM atau 398 SM?

J: Tidak Meskipun Ezra tidak secara eksplisit mengatakan "I" atau "II ', hal itu harus"I", karena 398 SM adalah sangat terlambat pada jangka waktu untuk Bait Tuhan yang belum diselesaikan. Selain itu, orang sering membedakan antara dua raja dengan nama yang sama dengan raja yang memerintah kedua, tetapi mereka tidak membedakan ketika hanya 1 dari raja-raja tersebut masih hidup.
Namun, pada waktu Ezra dan Nehemia harus berada di bawah kekuasaan Artahsasta I, karena sebuah papirus Elephantine (Cowley # 30) yang diberi tanggal oleh juru tulis sebagai 25 November 407 SM, menyebutkan Sanbalat [sn'blt], Sang Gubernur Samaria yang disebutkan di dalam Nehemia.

P: Dalam Ezra 7:17, apakah ada kejadian di mana seorang raja Persia mengijinkan seorang imam non-Persia untuk membangun kembali mezbah pengorbanannya?

J: Ya. Ada suatu keparalelan yang sangat dekat di dalam Keputusan Darius I Udjahorresnet, seorang pendeta Mesir yang memulihkan agama Mesir di Sais di Mesir.

P: Dalam Ezra 8:21-22, mengapa mereka berpuasa di sini dan tidak meminta perlindungan kepada Persia?

J: Orang-orang Yahudi telah membuat permintaan kepada raja sekali. Ezra 8:22-23 mengatakan bahwa hal itu akan terlihat aneh untuk meminta lagi untuk pasukan, karena mereka sudah mengatakan bahwa Tuhan akan melindungi mereka. Tentu saja, berarti Tuhan bisa menggunakan pasukan Persia untuk melindungi orang-orang Yahudi. Namun, satu hal untuk menerima bantuan yang secara bebas sukarela, dan lain untuk meminta bantuan.

P: Dalam Ezra 8:27, 1 Taw 29:7, dan Neh 7:70, apakah ini koin darik Persia atau dirham Yunani?

J: Ini adalah salah satu darik Persia atau koin perak lokal dicetak dalam gaya dirham Yunani.
Para arkeolog telah menemukan beberapa "dirham" dari zaman Persia di Beth Zur (Khirbet et-Tubeiquah), sebelah selatan Yerusalem dan 41/2 mil (7 km) sebelah utara Hebron. Dirham ini tidak dicetak di Yunani, tetapi di Yehuda dalam "gaya dirham". Ia menyebutkan sebuah artikel yang mengatakan bahwa orang-orang Yahudi diizinkan untuk mencetak koin perak mereka sendiri dengan nama propinsi "Yehud" di dalam tulisan Ibrani kuno. Juga, ada percetakan uang logam lokal di Palestina di zaman Persia.
Namun, ada juga teori yang kedua. Kata Ibrani di sini, darkemonim, dan kata yang mirip dalam Ezra 8:27 dan 1 Tawarikh 29:7, adarkonim, mungkin mengacu pada darik Persia, yang merupakan koin emas yang dinamai kata Persia untuk emas: dari. Seorang prajurit akan dibayar satu dari ini per bulan untuk upahnya.

P: Dalam Ezra 10:11, 19, 44, apakah Ezra salah untuk memaksa orang-orang Yahudi menceraikan istri-istri non-Yahudi?

J: Tidak Mereka tahu bahwa mereka salah untuk menikahi istri-istri kafir ini, dan perceraian diizinkan di dalam Perjanjian Lama. Pada saat ini, orang-orang Yahudi dalam keadaan "berjuang di dalam hidup mereka" untuk melestarikan agama dan budaya mereka dari kehilangan karena asimilasi.
Selain itu, sementara ini bertentangan dengan ajaran Paulus dalam 1 Korintus 7:12, Paulus juga belum dilahirkan, dan peraturan mengenai pernikahan untuk semua orang setelah Yesus datang berbeda dari aturan untuk orang-orang Yahudi selama masa Perjanjian Lama.

P: Dalam Ezra, apa adalah beberapa naskah paling awal yang masih ada sampai sekarang?

J: Gulungan Laut Mati: (tahun1 SM) 1 salinan Ezra-Nehemia (4Q117). Hal ini dikombinasikan dengan Pengkhotbah dan disebut 4Q110. Peneliti Gulungan Laut Mati Nathan Jastrum mengatakan ini pada sebuah fragmen kecil. (Masalah dll. Program radio April 17, 1999)
4Q117 adalah tiga fragmen Ezra 4:2-6 (Ibrani); 4:9-11 (Aram); 5:17-6:5 (Aram). Semua atau bagian dari 50 kata
Secara keseluruhan, yang diawetkan di dalam Gulungan Laut Mati adalah ayat-ayat berikut dari Ezra: 4:2-6,9-11; 5:17; 6:1-5.
Naskah Alkitab Kristen
, dari sekitar 350 M, mengandung Perjanjian Lama, termasuk Ezra.
Vaticanus
(325-350 M) telah memelihara semua bagian dari Kitab Ezra.
Sinaiticus
(340-350 M) telah memelihara semua Ezra dari Ezra 9:9 hingga selanjutnya.
Alexandrinus
(tahun .450 M) telah mempertahankan semua bagian dari Kitab Ezra.

P: Yang manakah para penulis awal yang merujuk pada Kitab Ezra?

J: Satu-satunya penulis Kristen Pra-Nicea yang mereferensikan atau menyinggung ayat-ayat di dalam Ezra adalah Origen (225-254 M), yang menyinggung itu. Dia berkata, "Tapi ada orang lain akan mengatakan bahwa Bait Tuhan yang dibicarakan tidak yang dibangun oleh Salomo, untuk itu dihancurkan pada periode penawanan, tetapi Bait Tuhan yang dibangun pada saat Ezra, sehubungan dengan yang empat puluh-enam tahun dapat ditunjukkan menjadi cukup akurat. "Origen's Commentary on John buku 10 bab 22 hal.403.
Setelah Nicea

Eusebius dari Kaisarea
(318-339/340 M)
Athanasius
(367, 325-373 M)
Ambrose dari Milan
(370-390 M)
Pacian dari Barcelona
(342-379/392 M) menyinggung Ezra.
Sulpicius Severus
(363-420 M)
Rufinus
(374-406 M)
Yerome
(373-420 M)
Konsili Kartago
(219 uskup) (393-419 M)
Epiphanius dari Salamis
(Tersirat) (360-403 M)
John Chrysostom
(-407 M) mengutip dari Ezra.
Paus Leo I dari Roma (440-460 M) menyinggung Ezra.

P: Dalam Ezra, apa yang menjadi beberapa perbedaan terjemahan antara bahasa Ibrani/Aram dan Septuaginta Yunani?

J: Berikut adalah beberapa perbedaan terjemahan, terutama berfokus pada Ezra 2, dengan Ibrani/Aram yang diberikan pertama, diikuti oleh Yunani.
Ezra 2:1
"anak-anak laki-laki provinsi yang pergi keluar dari tawanan, dari mereka yang telah diasingkan." vs "rakyat negeri yang naik, sejumlah tahanan telah dihapus"
Ezra 2:2
"dari orang-orang rakyat" vs "rakyat"
52 angka (167 angka di dalam Bahasa Inggris) dari Ezra 2:3-69 di dalam Bahasa Ibrani dan Septuaginta Yunani sama persis kecuali untuk:
Ezra 2:24
"42" vs "43"
Ezra 2:39
"1.017" vs "1.007"
(Dua kesalahan ketik dari 52 angka adalah sekitar 4% perbedaan, atau dua angka dari 167 angka perbedaan 1%.)
Ezra 2:25
"Arim Kiryat" vs "Kiryat Yearim" (Kita tahu mengenai Kiryat Yearim, tetapi bukan Arim Kiryat, jadi Arim mungkin salah ketik)
Ezra 4:23
"memaksa untuk menghentikan" vs "memaksa untuk menghentikan dengan kuda dan pasukan [bersenjata]."