Pertanyaan Alkitabiah dari Injil Filemon

P: Dalam Flm 1, apa nilai dari Injil singkat Filemon yang ada di dalam Alkitab?
J: Mengingat bahwa ini adalah surat dari Rasul Paulus, dan diterima sebagai Kitab Suci oleh Gereja awal, kita harus menghargai Filemon sebagai firman Tuhan, bahkan jika (berbicara secara hipotetis) kita tidak bisa melihat nilai apapun sama sekali di dalam Injil Filemon.
Namun kita dapat melihat nilai besar di dalam kitab singkat ini. Sementara kitab-kitab lainnya membahas doktrin dan praktek, Filemon memberi kita contoh yang baik dari satu cara untuk berhubungan dengan rekan-rekan Kristiani tentang isu-isu yang sensitif.
Paulus menyatakan bahwa budak ini, yang sebelumnya tidak berguna bagi Filemon, telah menjadi berguna baik untuk Filemon dan Paulus. Faktor kunci di balik perubahan dari keadaan tidak berguna menjadi berguna ini adalah transformasi spiritual yang telah terjadi ketika Onesimus menerima Kristus sebagai Juruselamat.
Kitab Filemon juga menunjukkan bahwa untuk sementara waktu Tuhan mentolerir perbudakan pada saat itu, yang bukanlah kehendak-Nya yang sempurna.

P: Di dalam Flm 1 dan 2 Tim 1:8, bagaimana Tuhan mengambil Paulus sebagai seorang tahanan?

J: Paulus tidak dipenjarakan oleh Yesus; Paulus dipenjarakan karena Yesus, sebagaimana 2 Timotius 1:12 tunjukkan.

P: Dalam Flm 1:10, 2 Tim 1:2, Tit 1:4, dan 1 Kor 4:17, mengapanPaulus menyebut Onesimus, Timotius, dan Titus anak-anaknya, karena Yesus mengatakan di dalam Matius 23:9 untuk tidak menyebut kepada siapapun bapa anda?

J: Filipi 2:22 menunjukkan bahwa Paulus menyebut Timotius anaknya, bukan karena hubungan biologis, tapi karena Timotius sedekat anak dengan Paulus di dalam melayani Injil.
Onesimus adalah seorang yang berguna sebagaimana seorang anak, dan sebagai anak kesayangan Paulus, sementara Paulus berada di Roma.
Ini bukan kebohongan untuk menggunakan metafora yang tidak secara harfiah benar, ketika pembicara dan pendengar menyadari bahwa hal itu adalah merupakan suatu metafora.

P: Dalam Flm 10, apakah ada bukti ekstra-Alkitabiah untuk Onesimus?

J: Mungkin sebenarnya ada. Eusebiusí Ecclesiastical History 3:36, surat tersebut menyebutkan Ignatius kepada jemaat di Efesus (bag.1). Ignatius menyebutkan Onesimus sebagai seorang pastor (imam) di sana. Meskipun ini tidak secara eksplisit mengatakan bahwa orang itu adalah Onesimus yang sama.

P: Di dalam Flm 1:10-15, mengapa Paulus mentolerir perbudakan?

J: Paulus secara tidak langsung mengatakan kepada Filemon untuk membebaskan Onesimus. Seperti mengapa Paulus tidak melarang perbudakan sama sekali, lihat pembahasannya di dalam Efesus 6:5-8 dan Efesus 6:9.

P: Dalam Flm 11, mengapa Paulus menyebut Onesimus sebelumnya tidak menguntungkan?

J: Dalam bahasa Yunani, nama Onesimus berarti "berguna". Paulus membuat pelesetan sini, karena Onesimus adalah budak Filemon yang melarikan diri. Seorang budak yang lari sangat tidak menguntungkan.

P: Dalam Flm 1:12-15, apa yang pada dasarnya Paulus sedang katakan?

J: Ada terdapat empat hal.
1. Paulus meminta sesuatu dari Filemon, yang ia akan jelaskan.(Filemon 1:8)
2. Onesimus menjadi anak Paulus di dalam iman, seorang Kristen.(Filemon 1:10)
3. Paulus mengirim Onesimus kembali kepada Filemon. (Filemon1:12)
4. Paulus meminta Filemon untuk membebaskan Onesimus, budak yang melarikan diri Paulus mengirim kembali kepada Filemon.

P: Dalam Flm 1:16, apa artinya "dalam daging" berarti?
J: Ada tiga interpretasi.
Teman
: "dalam daging dan di dalam Tuhan" berarti Onesimus yang akan melayaninya dengan cara fisik, dan memberinya persekutuan sebagai orang yang percaya. Ini mungkin mengapa NIV menerjemahkan itu "sebagai manusia". (The Believerís Bible Commentary hal. 215). Alkitab NET mengatakan, "secara manusia".
Mungkin masih seorang budak
: "dalam daging " mengacu pada hubungan dari orang-ke-orang, tetapi itu juga bisa berarti mempertahankan hubungan tuan-budak. (The Bible Knowledge Commentary: New Testament hal.773)
Bersaudara secara Biologis
: Filemon dan Onesimus secara fisik bersaudara. Dengan kata lain, Filemon telah memperbudak saudaranya sendiri. 1001 Bible Questions Answered hal.314 memiliki pandangan ini.
Secara umum
dengan semua interpretasi, adalah bahwa ada adalah memulihkan beberapa jenis hubungan yang alami. Terjemahan Williams telah memparafrasekan sini sebagai: "baik sebagai hamba maupun sebagai seorang Kristen"

P: Dalam Flm 1:17-18, apakah ini merupakan contoh yang sempurna dari doktrin anugerah kebenaran?

J: Banyak orang akan mengatakan ya. Sama seperti dosa-dosa kita dibebankan kepada "akun" Kristus, Paulus menawarkan untuk membayar segala hutang Onesimus kepada Filemon.
Ada terdapat tiga kesamaan antara hal ini dan penebusan Kristus.
1. Hal ini tidak adil bagi Paulus untuk membayar tagihan Onesimus. Paulus menawarkan diri untuk melakukan hal itu baginya, sama seperti Kristus yang melakukannya secara sukarela bagi kita.
2. Tidak ada catatan apakah Paulus membayar hal ini, atau Onesimus sendiri yang membayar, atau Filemon memaafkan setiap hutang. Demikian juga menawarkan Kristus adalah untuk semua, tetapi pembayaran tidak ditransaksikan untuk mereka yang tidak ingin menerima Kristus.
Perbedaan-perbedaan
: Kebanyakan analogi tidak sempurna, dan tidak dengan yang satu ini. Terserah Filemon apakah mengambil tawaran Paulus. Mengenai Onesimus tidak memiliki banyak informasi yang bisa dikatakan di sini. Sebaliknya, kita diselamatkan oleh kasih karunia "melalui iman", dan sebagaimana yang Ibrani 4:2 tunjukkan, pesan Injil pada ayat ini tidak ada nilai tertentu, karena hal ini tidak digabungkan dengan iman.

P: Dalam Flm 1:19, mengapa Paulus mengingatkan Filemon bahwa ia berutang jiwanya sendiri kepada Paulus?

J: Demi Onesimus, Paulus sedang berat tangan di sini. Paulus pada dasarnya mengatakan, "jika Anda, Filemon bersyukur kepada saya yang berbagi Injil dengan Anda untuk menyelamatkan jiwa Anda, tunjukkanlah rasa terima kasih Anda dengan membebaskan Onesimus dari perbudakan."

P: Dalam Flm 1:19, apakah merupakan hal yang salah bagi Paulus dengan begitu tegas dan berat tangan?

J: Tidak. Paulus mencintai keduanya, baik Filemon dan Onesimus. Paulus tahu membebaskan seorang budak adalah suatu pengorbanan keuangan, dan meskipun sulit, Filemon harus melakukannya. Kadang-kadang orang Kristen harus lebih tegas tentang hal-hal yang baik, demi orang lain.

P: Dalam Flm 1:24 dan Kol 4:14, mengapa Paulus bersama dengan Demas, sejak Demas berpaling karena Demas mencintai dunia ini dalam 2 Tim 4:10?

J: Seperti orang-orang lain, Demas pertama-tama membantu di dalam pelayanan dan kemudian berpaling. Apakah Demas pernah kembali dan Demas diselamatkan? Kita bisa berharap demikian, tapi bagaimanapun juga kita tidak punya catatan mengenai hal itu.

P: Dalam Flm, apakah Filemon melakukan apa yang Paulus minta?

J: Kitab Filemon tidak mengatakan mengenai hal ini. Mungkin dibiarkan terbuka karena akan ada saat-saat di dalam hidup kita ketika, seperti Filemon, kita tahu Tuhan ingin kita melakukan sesuatu yang bertentangan secara langsung terhadap budaya kita atau keinginan hati alami dan keinginan kita.
Di sisi lain, Filemon tidak merobek surat tersebut (karena kita mendapatkan surat tersebut di dalam keadaan yang terjaga), sehingga hal itu merupakan beberapa indikasi bahwa ia melakukan apa yang diminta Paulus.

P: Dalam Flm, bukti apa yang kita miliki bahwa kitab ini harus ditempatkan di dalam Alkitab?

J: Terus terang, karena Filemon adalah seperti sebuah kitab pendek, kita tidak memiliki banyak referensi mengenai Filemon sebagaimana buku-buku lain. Berikut adalah tiga alasan yang kami ketahui mengapa kitab ini harus ditempatkan di dalam Alkitab.
1. Paulus yang menulis kitab ini, dan ia adalah seorang rasul. Petrus meneguhkan bahwa kata-kata Paulus merupakan suatu Kitab suci pada 2 Petrus 3:15-16.
2. Paulus sendiri mengatakan ia adalah seorang rasul di dalam 1 Timotius 1:1; 2:7, Roma 1:1; 1 Korintus 1:1; 9:1, 2 Korintus 1:1,11:5; Galatia 1:1, Efesus 1: 1; Kolose 1:1; 1 Timotius 1:1; 2 Timotius 1:1; Titus 1:1.
3. Bukti dari gereja awal
Kanon Muratori (tahun 170 M) menyebutkan bahwa Paulus menulis kepada tujuh jemaat di dalam surat-suratnya, Korintus (2 surat), Efesus, Filipi, Kolose, Galatia, Tesalonika (2 surat), Roma. Paulus menulis kepada Filemon, Titus, dua surat kepada Timotius.
Tertullian
(198-220 M) menyebutkan Marcion yang tidak meletakkan "tangan yang memalsukan" pada Kitab Filemon, meskipun ia tidak mengatakan nama bukunya. Tertullian Against Marcion buku 5 bab 21 hal.473 (Tersirat)
Origenes (225-254 M)
mengutip Filemon 1:14. "Paulus dengan penuh pengertian berkata kepada Filemon di dalam Surat kepada Filemon mengenai Onesimus: supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, melainkan dengan sukarela. " Homilies on Jeremiah Homily 28 bab 2 hal. 224.

Masa Setelah Nicea
Hilary dari Poitiers (355-367/368 M) mengutip paruh pertama Filemon1:1. "Baca tulisan sang Rasul: Paulus, sang hamba Kristus, membanggakan keterbelengguannya sebagai seorang tahanan. Mari kita lihat apakah 'tahanan Yesus Kristus inií" On the Trinity buku 4 bab 39 hal. 83.
Athanasius (367 M)
tidak mengacu pada ayat-ayat tertentu di dalam Injil Filemon, tetapi dia membuat daftar kitab-kitab dari Perjanjian Baru di dalam Festal Letter 39 hal.552.
Cheltenham Canon
(= Katalog Mommsen) (Tahun 360-370 M)
Efraim orang Suriah (350-378 Masehi)
Cyril dari Yerusalem (tahun 348-386 M) (Tersirat)
Sinode Laodikia
(di dalam Frigia) (343-381, 363 M)
Ambrosiaster (setelah 384 M) mengacu kepada Filemon 2, 6, 12, 25
Amphilochius Iambi ad Seleucum (394 Masehi)
John Chrysostom
(396 M) menuliskan tiga khotbah pada Filemon. Dia mengatakan bahwa Paulus menulis surat ini kepada Filemon, seorang pria yang mengagumkan, di dalam homili 1.
Katalog Suriah mengenai St Catherine
(tahun 400 M)
Epifanius dari Salamis (360-403 M) (Tersirat)
Paus Innocent I dari Roma (tahun 405 M)
Rufinus (374-406 Masehi)
Konsili Kartago
(218 uskup) (393-419 M) (Tersirat)
Yerome (373-420 M) mengacu kepada Filemon 1: 2, 6, 12.
Agustinus dari Hippo (388-430 M)
John Cassian (ayah dari Semi-Pelagianisme) (419-430 M)

Bukti dari buku-buku ajaran bidah dan palsu

Ajaran Bidat Pelagius (416-418 M) mengacu kepada Filemon 1: 2, 6, 12.
Para bidat Pelagianisme Theodore dari Mopsuestia (392-423/429 M) mengacu kepada Filemon 1: 6, 25.
Kita masih memiliki semuanya pada hari ini.

P: Bagaimana kita tahu bahwa pada hari ini Injil Flm yang kita miliki adalah terjaga dengan baik yang dapat diandalkan dari apa yang awalnya ditulis?

J: Ada terdapat setidaknya tiga alasan yang bagus.
1. Tuhan berjanji untuk menjaga firman-Nya di dalam Yesaya 55:10-11, Yesaya 59:21, Yesaya 40:6-8, 1 Petrus 1:24-25, Matius 24:35.
2. Bukti dari gereja awal
. Lihat pertanyaan sebelumnya untuk beberapa penulis yang merujuk pada ayat-ayat di dalam Filipi.
3. Naskah-naskah Terlama Kitab Filemon yang kita miliki menunjukkan ada beberapa variasi kecil naskah, tetapi nol kesalahan teologis yang signifikan.
hal. 87 mengandung Flm 13-15, 24 (parsial), 25b dengan adanya kesenjangan (tahun 125 M).
Para editor asli yang tertanggal pada "awal abad ketiga" hal. 87 karena tulisan tangan tersebut hampir identik dengan Hal.46, dan Hal.46 digunakan untuk dianggap ditulis pada abad ketiga. Sejak hal. 46 sekarang ini diketahui ditulis lebih awal bahwa tulisan ini ditanggal ulang pada akhir abad ke 2. Sebuah bukti kedua adalah bahwa surat-surat dari kedua halaman, yaitu Hal.46 dan hal. 87 hampir identik dengan Papyrus Oxyrhynchus 841 (tangan kedua 120-130M). Sebuah baris ketiga dari bukti adalah bahwa hal. 87 memiliki "kesamaan yang mengejutkan" untuk hal. 52, tertanggal pada awal abad kedua.
Hal. 61
Roma 16:23,25-27; 1 Korintus 1:1-2, 2-6; 5:1-3, 5-6, 9-13; Filipi 3:5-9, 12-16, Kolose 1: 3-7, 9-13, 1 Tesalonika 1:2-3; Titus3:1-5, 8-11, 14-15 Filemon 1: 4-7. Tahun 700 M
Sinaiticus [Si] 340-350 M
Filemon tidak terwetkan di dalam Vaticanus [B]
Alexandrinus [A] tahun 450 Masehi
Bohairic Koptik [Boh] abad ke 3/4.
Sahidic Koptik [Sah] abad 3/4.
Ephraemi Rescriptus
[C] abad ke-5
I Washington DC abad ke 5 (Flm 1: 2, yang lainnya?)
Claromontanus [D] abad ke-5/6

Lihat www.BibleQuery.org / phmMss.htm untuk mengetahui lebih lanjut tentang naskah-naskah awal Filemon.